Senin, 23 Maret 2015

Different Types of Readers


Biasanya seorang pembaca menilai buku dari segala segi, baik isi, cover, layout, bahkan gaya menulis si penulis. Sekarang, bagaimana kalau gantian kita yang ngejudge pembaca?
Ada beberapa tipe pembaca, seperti:
1. Fast Reader aka Roadrunner
Tipe ini mampu membaca dengan cepat, menulis review sesuai deadline, bahkan seringkali kekurangan bahan bacaan. Jika ada teman yang seperti ini, tidak perlu khawatir untuk meminjamkan buku, karena dijamin buku kita akan cepat juga dikembalikan. Fast reader pasti sering tongpes karena sering membeli buku lalu seminggu kemudian buku-buku tersebut sudah habis dilahap.

2. The Cheapskate aka Ogi alias Ogah Rugi
Pembaca Ogi sering dijumpai di lapak buku bekas, bazaar buku, dan segala rupa event obral buku demi mendapat buku impian dengan harga murah. Tipe Ogi ini juga sering memburu buntelan, giveaway, dan segala kuis berhadiah buku. Si Ogi ini juga rajin menyambangi perpustakaan agar tidak boros membeli buku. Well, who doesn’t like freebies?

3. The Compulsive Shopper aka bookaholic Rebecca Bloomwood
Tipe ini doyan banget mengejar diskonan, bazaar, dan segala rupa event jualan buku demi membeli buku sebanyak-banyaknya, namun kemungkinan besar hanya 10% dari seluruh koleksinya yang sudah dibaca. Tipe seperti ini lebih gawat daripada si pembaca cepat.

4. The Loyalist aka Penggemar Sejati
Pembaca tipe ini cenderung setia membaca karya penulis kesukaannya, tidak peduli bagus atau jelek rating bukunya. Kalau ia tidak menemukan karya lain yang dapat memuaskannya, maka ia akan menjadi…

5. The Re-reader aka Si Pembaca Ulang
Prinsip pembaca tipe ini adalah lebih baik membaca ulang buku favorit daripada beli kucing dalam karung. Tipe seperti ini juga tidak mudah tergoda dengan review bagus, harga murah, bahkan buku gratisan.

6. Tipsy til Hangover Reader aka Susah Pindah Ke Lain Buku/Tema
Sebuah buku bisa meninggalkan kesan bagi pembacanya. Jika kesan itu sudah menancap begitu dalam, maka pembaca akan sulit untuk move on hingga mencari buku dengan tema serupa untuk dilahap. Pembaca seperti ini bisa jatuh cinta pada tokoh fiksi dan sulit untuk move on sehingga membanding-bandingkan tokoh tersebut dengan tokoh lain dari buku yang ditulis oleh penulis yang sama maupun yang genrenya serupa.

7. The Hard-to-Please Reader aka author’s worst nightmare
Pembaca tipe ini biasanya teliti dan kritis. Ada saja kekurangan yang ditemukan lalu diselipkan dalam reviewnya. Tapi, jika ia suka sekali dengan suatu buku, ia tak akan berhenti untuk memuji dan membicarakannya dengan sesama pembaca. Setelah itu, jika ia membaca buku yang tidak memuaskannya, maka ia akan kembali dengan habit lamanya :D

8. The Sharer aka Si Tukang Memberi Pinjaman Buku
Tipe seperti ini bagai Peri Yang Baik Hati. Buku-buku yang sudah dibaca dan direview, dipinjamkan kepada teman sesama pembaca dengan harapan si peminjam menikmati bacaan yang dimilikinya.  Tak jarang pula The Sharer ini menghibahkan bukunya demi mengurangi tumpukan buku. 

9. The Cover Lover
Review, rating, dan sinopsis tidak terlalu berpengaruh pada pembaca tipe ini. Yang penting covernya bagus, keren, sehingga tidak malu-maluin jika dipajang atau dipamerkan. We love pretty covers too.

10. The Anything Goes Reader aka Si Penyuka Apa Saja
Tak peduli hardcopy atau e-reader, tipe ini dengan senang akan membacanya. Tidak rewel atau bawel, yang penting membawa buku di tas. Terjebak macet, menunggu di halte, atau ruang tunggu dokter, tak masalah. Yang penting ada sesuatu untuk dibaca.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...