Sabtu, 28 Maret 2015

Book Review : NINA WANG

                                    



                                    Judul buku                  : Kisah Tragis Nina Wang
                                    Genre                          : Nonfiksi (Novel)
                                    Pengarang                   : Agnes Davonar
                                    Penerbit                       : AD Publisher
                                    Jumlah Halaman          : 234 halaman
                                    Tahun Cetakan            : Desember 2012
                                    Penghargaan                : Best seller

                                   

              A. Sinopsis Cerita
              
     Buku ini sebenarnya merupakan novel diadaptasi dari kisah nyata Nina Wang, salah satu perempuan terkaya di Asia asal Hongkong. Kisahnya begitu tragis seperti sinetron drama dan tentu saja memiliki nilai inspiratif. Nina Wang mempunyai cerita hidup yang tragis, dimulai dari kehidupan kecilnya yang miskin. Ayahnya mempunyai sebuah toko kelentong yang kecil yang menyediakan barang-barang sehari-hari. Sejak kecil Nina dan adik-adiknya sudah memiliki sifat yang tidak boros dikarenakan untuk dapat bertahan hidup dan melanjutkan sekolahnya dan adik-adiknya
.


            Saat Nina akan melanjutkan ke peruruan tinggi ia mendapat beasiswa kuliah di Sanghai Normal University oleh sebuah perusahaan dan mengambil jurusan desain. Dimasa akhir perkuliahannya perusahaan yang memberikan beasiswa kepada Nina akan diambil oleh pemerintah China yang membuat Nina berjualan bakpau di universitasnya tersebut agar ia dapat tetap melanjutkan pendidikannya, yang kemudian Nina menjadi orang terkaya di Asia. Namun sepertinya kisah tragis hidup Nina masih berlanjut, terjadi kasus penculikan suaminya yang berakhir dengan kematian serta perebutan warisan antar keluarga.


            Semenjak suaminya meninggal, Nina berusaha untuk membangkitkan kembali perusahaan suaminya itu. Nina ingin membuktikan kepada mertuanya bahwa ia bisa sendiri mengurus perusahaan tersebut. Selama memimpin sendiri perusahaan itu, Nina terserang kanker indung telur yang sudah memasuki stadium tiga. Namun, Nina tidak mau menyerah begitu saja dengan kanker yang menghancurkan satu-persatu jaringan tubuhnya. Nina berusaha menyembunyikan penyakitnya kepada orang lain. Nina tetap berusaha menjalani kehidupan tanpa akan merasakan ada kanker di dalam tubuhnya. Hingga pada 2007, Nina wafat karena kanker yang telah menyerang tubuhnya.

            Buku ini mengajarkan kita bagaimana berusaha untuk mendapatkan sebuah keajaiban, yang mana keajaiban tersebut merupakan kerja keras kita dalam menggapai sesuatu. Dari buku ini kita juga dapat merenungkan apa arti kehidupan dan kebahagiaan yang sebenarnya. Apakah dengan harta yang bergelimangan dapat membeli kebahagiaan seseorang ? Jika jawabannya “Iya”  tentu Nina Wang tidak akan mempunyai cerita hidup yang begitu tragis. Nina Wang memang wanita terkaya di Asia kala itu, tetapi Nina tidak pernah merasa kaya. Hidupnya dipenuhi dengan kesederhanaan, Nina tidak suka berfoya-foya dan menggunakan uangnya dengan hal yang sia-sia. Nina bahkan tak segan untuk memberikan bonus kepada karyawannya apabila mereka menjalankan target penghematan perusahaan yang ia buat.

           

            B. Keunggulan dan Kekurangan Buku
            Keunggulan dari buku ini adalah alur cerita yang menarik, dimana disetiap halaman memberikan cerita yang membuat suasana hati pembaca ikut mengalir didalamnya. Selain itu bahasa yang digunakan juga cocok untuk kisah Nina Wang dengan menggunakan kata ‘Saya’ sehingga tidak terlalu lugas.

            Kekurangan dari buku ini adalah banyak salah tulis atau salah ketik, double spasi dan kesalahan dalam pengulangan kata. Sehingga dapat sedikit mengganggu bagi para pembaca. Selain itu yang menjadi kekurangan dari buku ini adalah tipe kertas yang digunakan. Buku ini menggunakan tipe kertas seperti kertas buram sehingga menggurangi estetika buku dan halaman yang memuat gambar, gambarnya menjadi buram dan kurang jelas.


            C. Kesimpulan


            Kisah Nina Wang adalah sebuah kisah yang patut untuk kita dengar dan layak dibaca baik bagi anak-anak, remaja, mahasiswa, orang tua, maupun masyarakat umum. Nina membuat kita mengerti bahwa uang mungkin kita butuhkan dalam menjalani kehidupan ini namun jangan sampai membuat kita terlena akan kekayaan yang dapat membuat kita mengubah identitas sebagai manusia yang sederhana dan apa adanya serta selalu yakin pada sebuah keajaiban karena tidak ada yang mustahil di dunia ini selagi kita berusaha untuk menggapainya.


Galeri Foto
 Rambut Nina Wang menjadi pemdek semenjak ia                                          mengidam kankek indung terlur.
 Nina dan Suaminya (Tedy Wang)


Nina dengan rambut kepang. 


Tony Chan- yang memperkarakan harta warisan Nina.

Author, Indah Rohmatullah

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...